Tinumpuk Setumbu Alternatif Wisata Alam di Temanggung

Tinumpuk Setumbu. Sumber : https://ahmadarsya.blogspot.com

  

Wisata Temanggung, Halo, Bestie! Gimana kabarnya? Udah bisa move on kan dari masa lalu? Mau ngakajakin kalian jalan-jalan nih, lewat tulisan aja sih tapi. Kali ini kita bakal menuju salah satu Kabupaten di Jawa Tenggah yang terletak di dataran tinggi. Posisinya masuk ke dalam rangkaian dataran tinggi dieng. Wilayah ini dikelilingi oleh banyak gunung dan bukit, yap inilah Temanggung. Keindahan alam Temanggung sangat sayang untuk dilewatkan. Potensi wisata Temanggung didomonasi oleh tema alam. Bisa dibilang daerah ini menjadi surganya para pemburu Sunrise dan Sunset. Banyak sekali sisi di Temanggung yang dapat dijadikan tempat melihat pesona matahari terbit maupun tenggelam. Salah satu tempat yang dapat melihat dua keindahan matahari adalah Tinumpuk Setumbu.

Tinumpuk Setumbu terletak di dusun Lamuk, Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Lokasinya berada pada ketinggian 500 meter dpl. Awalnya tempat ini merupakan ladang milik warga, namun kemudian disulap menjadi tempat wisata setelah keindahan sunsetnya viral. Ada seorang fotografer yang mengabadikan keindahan di Tinumpuk Setumbu dan akhirnya banyak masyarakat yang mengunjungi tempat tersebut. Bukan hanya dari dalam negeri loh, beberapa turis mancanegara juga ada yang berkunjung ke sini. 

Tempat ini merupakan tanah yang lapang. Di setiap pinggirnya terdapat pagar pembatas. Sudah ada beberapa gazebo, meja dan kursi sehingga kita dapat lebih nyaman melihat keindahan pemandangan sekitar. Banyak sekali gunung yang dapat kalian lihat di Tinumpuk Setumbu, antara lain : gunung Sumbing, Sindoro, Ungaran, Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Prau, dan Sikunir. Sudah kebayang kan bagaimana keindahan tempat ini?

Apabila kalian pengen ngeliat sunrise pastikan pukul 05.00 sudah sampai tempat ini. Bagi yang muslim disarankan sudah sholat subuh atau memiliki wudhu karena belum ada fasilitas toilet di atas bukit. Syahdu banget pasti sholat subuh di alam terbuka dengan semilir angin. Matahari akan muncul dari balik gunung Merapi dan Merbabu. Buat tim sunset, pukul 16.45 harus sudah stay di puncak biat nggak ketinggalan. Dengan berlatar belakang gunung Sumbing Sindoro kesempurnaan keindahan akan sangat dirasakan.

Bulan Juni-Agustus merupakan waktu terbaik untuk mengunjungi gardu pandak eksotis ini. Pada bulan-bulan tersebut terjadi musim kemarau. Sehingga, pemandangan gunung akan terlihat jelas. Sudah dapat dipastikan jika pada musim penghujan daerah sekitar Lamuk memilkik kabut tebal sehingga keindangan background gunung tidak dapat dinikmati. 

Untuk sampai ke atas kalian butuh jalan dulu melalui jalan setapak selama 2 menit. Bentar banget kan ya ini. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai objek wisata Temanggung yang asik ini sekitar 1 jam dari Semarang dan 45 menit jika dari kota Temanggung. Kendaraan yang dapat digunakan adalah kendaraan pribadi. Belum ada kendaraan umum, misal angkot. Bis besar juga pasti akan kesusahan karena jalan yang kurang lebar dan kondisi jalan agak curam.

Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai prewedding. Latar belakang gunung dan awan yang berkejaran serta suasana hijau dapat menjadi alternatif bagi kalian. Atau sekadar melepas penat dengan rutinnya aktivitas sehari-hari. Ketenagan dan suasana khas pedesaan dengan dingin yang bikin nagih bakal membuat kalian merasa lebih tenang.

Bagi pengunjung dari arah Semarang tempat ini bisa menjadi satu paket saat mengunjungi candi Gedong Songo. Dari lokasi tersebut kurang lebih 40 menit. Menginap bisa di Bandungan dong ya berarti. Eits, tapi kalian bisa juga kok menginap di Temanggung. Ada beberapa alternatif penginapan antara lain Hotel Indraloka, Kinanti, Candra, dan Ayana. Kesemua penginapan yang disebut berada di tengah kota Temanggung.

Masalah kuliner juga tenang saja. Di kecamatan Kaloran ada warung makan yang terkenal dengan jangan lompongnya. Sebuah sayuran dari batang talas diolah menggunakan bumbu khas, pokokny nagih deh! Pilihan kuliner akan semakin beragam saat memasuki kota Temanggung. Bakso Uleg menjadi salah satu kuliner yang tidak boleh kamu lewati saat kesini.

So, kapan kalian mau main ke Temanggung?

 

0 comments:

Posting Komentar

Banyak Dilihat

Pengikut

Pengunjung

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Labels

inspirasi tania. Diberdayakan oleh Blogger.