Titik Nol Kilometer

sumber gambar : IG @wongcrewchild
sumber gambar : IG @wongcrewchild
 
Setiap kali mendengar kata titik nol kilometer pikiran kita pasti akan dibawa ke tugu Jogja. Sebuah tempat yang kalau dimalam hari menghidangkan banyak sekali pilihan jajanan yang Jogja banget yaitu, nasi kucing. Di sekitar tugu Jogja akan kita temui berbagai jenis angkringan. Bagi kaum muda-mudi tempat ini menjadi pilihan nongkrong yang asik. 

Ternyata, saya baru tahu kalau titik nol kilometer itu tidak hanya dimiliki oleh Jogja. Tadi pagi coba tu nyari info seputar Tugu Jam di Taman Pancasila Kabupaten Temanggung. Owhh, ternyata Tugu Jam ini merupakan titik Nol Kilometernya Temanggung. Hampir di setiap wilayah di Indonesia memiliki titik nol. Monumen atau bangunan yang menjadi tanda tidak sama. Ada yang berupa tugu atau bangunan. Misalnya, titik nol Kilometer di Medan, berupa bangunan tua yang sekarang menjadi bagian dari hotel bintang 4 ada juga jam Gadang Padang, ternyata itu merupakan titik nolnya Padang.

Gimana sih cara menentukan titik nol suatu daerah? Apakah diambil lokasi tengah kota atau asal aja? Ternyata, untuk menentukan titik nol suatu kota itu dapat menggunakan pertimbangan beberapa hal. 

Acuan dalam menentukan titik nol yang pertama adalah adanya nilai historis yang merupakan tinggalan Belanda. Seperti di Bandung. Titik tersebut merupakan tempat Deandless pertama kali menancapkan tongkatnya dan meminta kepada anak buahnya untuk membangun kota di sekitar daerah tersebut. 

Selain nilai historis, ada juga yang merupakan kebijaksanaan pemerintah daerah setempat. Seperti halnya nol kilometer Jakarta. Awalnya adalah sebuah mercusuar di Kota Tua. Tapi, pada tabun 80an dipindahkan ke  Tugu Monas. Hal ini dilakukan sebagai pertanda bahwa pusat kegiatan di Jakarta bukan lagi di Kota Tua tetapi di daerah jalan Merdeka Raya.

Apa fungsi dari titik ini? Sering banget kan ya kita tau berapa jarak satu ke kota ke kota lainnya? Ternyata, penentuan jarak itu diambil dari titik nol suatu wilayah. Di seputar titik nol biasanya banyak aktivitas masyarakat yang dilakukan. Dapat hampir dipastikan di sekitar tempat tersebut banyak terdapat penjual makanan. Jadi, buat siapapun yang pengen jalan-jalan bisa coba cari dimana titik nol daerah tersebut. 


10 komentar:

  1. Noted. Baru tau alasan penetapan titik nol kilometer dari tulisan ini

    BalasHapus
  2. Informatif. Blog walking terus dapat ilmu baru. Makasih

    BalasHapus
  3. Noted, Kak. Baru tahu kaalu pengukuran jarak antar daerah mulainya dari titik nol itu.

    BalasHapus
  4. Galfok sama foto Tugu, Kak.. Hehe.. Jadi kangen Jogja

    BalasHapus
  5. Nice info Kak, kukira Kalimantan.. hehe

    BalasHapus
  6. Jadi mau cari info-info kota lain deh, dimana titik nol kilometernya
    Terima kasih informasinya, kak

    BalasHapus
  7. Aku tau titik nol karena kuliah, baca ini jadi lebih tau banyak tentang titik nol kilometer

    BalasHapus
  8. Wah, nice info. Baru tau aku. Btw, jadi rindu Jogja 😍

    BalasHapus
  9. Kangen Jogja jadinya. Titik nol Jogja memang fenomenal, karena dekat pusat keramaian dan wisata

    BalasHapus

Banyak Dilihat

Pengikut

Pengunjung

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Labels

inspirasi tania. Diberdayakan oleh Blogger.