Social Enterprise Bootcamp

Social Enterprise bootcamp adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh Social Innovation Hub. Sampai bulan September ini sudah dilakukan sebanyak 3 kali pelaksanaan

Social Innovation Hub ini merupakan komunikasi social Enterprise di tingkat Asia Pasifik. Pelatihan diberikan kepada berbagai macam organisasi dan komunitas secara gratis. Tapi ilmunya... no kaleng-kaleng.  Ini merupakan pelatihan yang cukup memberikan kesan. Material disampaikan oleh para pakar di bidangnya. Selain pemberian materi yang luar biasa, peserta diminta sekalian praktek. Sebentar, tapi cukup menguras tenaga. 

Kami dijelaskan dengan gamblang apa itu Social Enterprise oleh perwakilan dari British Council. Social Enterprise atau kewirausahaan sosial merupakan sebuah kegiatan yang berasal dari masalah sekitar. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyelesaikan masalah di komunitasnya dan dapat berjalan dengan berkelanjutan. Social Enterprise digadang-gadang menjadi solusi penyelesaian masalah yang berkembang di masyarakat saat ini.
Apa beda social Enterprise dengan bisnis biasa? Beda dong, dari namanya saja sudah beda. Social Enterprise dilakukan untuk membantu orang disekitarnya sehingga perolehan profit akan digunakan sebagai reinvest pada program tersebut. Sedangkan yang murni bisnis, profit yang dimiliki akan digunakan untuk kepentingan pribadi. Perlu di garis bawahi, bahwa pelaksanaan social Enterprise boleh berorientasi pada profit, asalkan hasilnya digunakan bukan untuk kepentingan pribadi.

Di Indonesia sebenarnya sudah ada organisasi besar yang menerapkan social Enterprise yaitu, Muhammadiyah. Dengan banyaknya aset dari ormas ini ternyata tidak kemudian menjadi sebab anak keturunan Ahmad Dahlan terlahir sebagai konglomerat. 

Lalu muncul pertanyaan, apa bedanya social Enterprise dengan CSR? Sama-sama membantu kan? Ternyata tetap nggak sama. CSR merupakan pos anggaran dari suatu perusahaan yang diberikan kepada masyarakat membutuhkan. Sedangkan social Enterprise, seperti sebuah kail. Seseorang yang membutuhkan diajak untuk terlibat dalam pengelolaan usaha.


0 comments:

Posting Komentar

Banyak Dilihat

Pengikut

Pengunjung

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Labels

inspirasi tania. Diberdayakan oleh Blogger.