Hutang adalah Hutang



Terkadang kita harus berhati-hati dengan lintasan pikiran kita. Baru saja tadi kepikiran, ih kalau di ODOP buat cerbung terus jadinya spaneng nih mengelola blog. Boleh kali ya, sesekali up date blog dua kali. Satunya lanjutan part cerbung satunya memang tulisan untuk melepas lelah dan penat. Baru banget tadi siang kepikiran seperti itu, tiba-tiba malam ini buka grup SSD mendapatkan infromasi bahwa semua hutang harus dibayar meskipun, poin mencukupi. Auto inget dong, ada satu atau dua tulisan yang belum dibayar. Ini lagi, pakai acara lupa berapa jumlah hutangnya. Kayaknya satu deh, ah perlu di cek ini.

Dalam islam, yang namanya hutang tetap harus dibayar. Bahkan Allah tidak akan mengampuni seseorang yang belum membayar hutang meskipun dirinya mati syahid. Adil sih ini, karena akadnya tetap pinjam. Kita tidak pernah tau apa yang terjadi pada pemberi piutang setelah meminjamkan uangnya. Bisa jadi itu adalah tabungannya setelah sekian lama, kemudian dia menunda hajatnya karena ingin menolong kita. Bisa jadi itu adalah laba yang disisihkan sedikit demi sedikit dan ingin dijadikan penambah modal usaha. Jahat banget jatuhnya kalau yang dipinjami tidak membayar hutangnya. Apabila kita meminjam secara baik-baik alangkaj bijaksananya jika kita juga berusaha untuk mengembalikan dengan baik

 Akhir-akhir ini kita menemui sebuah fenomena dimana pemberi pinjaman malah menjadi seperti orang yang meminta sesuatu. Sudah berbagai macam cara dilakukan tetapi tetap uangnya tidak juga dikembalikan. Saat terjadi aktivitas pinjam meminjam ada baiknya ada akad di antara kedua belah pihak. Terutama mengenai kapan hutang itu akan dibayarkan. Pastikan juga saat melakukan pinjam meminjam tidak ada riba di dalamnya. Dosanya kan ngeri banget.

Saking perhatiannya Allah mengenai hutang piutang ini ada satu ayat panjang sekali yang menjelaskan mengenai tata cara uatang piutang. Ada satu insight yang mengena banget, jika kita memiliki hutang maka catatlah. Hal ini agar kita tidak lupa dengan hutang yang kita miliki. Besar ataupun kecil hutang tetaplah hutang. Seperti tulisan saya di tantangan ODOP, meski poin mencukupi untuk tidak di kick tetap saja kan, namanya hutang. Lunas yaaa.

 

1 komentar:

Banyak Dilihat

Pengikut

Pengunjung

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Labels

inspirasi tania. Diberdayakan oleh Blogger.