Tusuk Konde Part 6 (Rukmini dan Ali)



Dengan perlahan aku mulai menggeledah isi lemari. Meskipun aku yang biasa mencuci dan melipat baju Kakek, tetapi tidak pernah boleh menata baju di lemarinya. Ora elok, katak Kakek. Menurut kakek tidak etis jika seorang cucu masuk ke kamar kakeknya. Ada satu kotak hitam, ternyata isinya adalah tusuk konde. Aku tidak mengerti, apa ini? Dibawahnya ada selembar kertas foto. Seorang wanita dengan rambut di sanggul dan menggunakan tusuk konde ini. Dia cantik, apakah dia ibuku?

------
Karena saking asiknya melihat foto itu, aku jadi tidak menyadari keberadaan kakek yang sudah ada di belakangku.

"Ngapain kamu di situ Suryati!", Suara kakek membentak, membuatku kaget.

"Mbah Kakung....", Suaraku pelan dan bergetar. Kotak di tanganku hampir terjatuh.

"Lancang kamu! Apa ini ajaran si Mojo itu? Berani kamu melawan Kakung mu sendiri? Hahh! Aku ini orang yang merawatmu sejak kamu masih bayi merah. Saat orang tuamu meninggalkanmu. Ini balasannya?", Aku tidak pernah melihat mata kakek yang seperti ini. Benar, beliau sangat marah sepertinya.

"Mbah...", suaraku parau. Aku mulai terisak-isak.

"Apakah salah jika aku ingin tau siapa orang tuaku? Siapa namanya, bagaimana orangnya, kenapa mereka meninggalkan aku saat masih bayi. Jika memang benar mereka meninggal, lalu dimana makamnya?", tanyaku masih dengan suara bergetar.

"Aku sebentar lagi 17 tahun, Mbah...sudah besar. Sudah sepantasnya aku tau tentang masa laluku. Tapi, Mbah dan seluruh penduduk desa ini seolah menutupi semuanya. Aku ingin tahu....Mbah! Tolong...", air mataku mulai tidak bisa dikontrol. Seluruh kesedihan dan rasa penasaran kutumpahkan juga akhirnya.

Melihat aku menangis, luluh juga hati kakek. Sekeras-kerasnya kakek, dia tidak akan tahan melihat air mataku. Itu juga alasan kenapa kakek sampai hari ini tidak melarang aku untuk belajar dengan Kyai Mojo. Disadari atau tidak, aku adalah segalanya untuk beliau.

Hanya aku satu-satunya keluarga yang dimiliki. Pakde Marto dan keluarganya mengalami kecelakaan. Padahal dia adalah satu-satunya saudara ibu. Ibuku? Entah dimana rimbanya akupun tak tahu. 

"Foto yang kamu pegang adalah foto ibumu. Namanya Rukmini. Cantik seperti kamu, Nduk", kalimat itu akhirnya muncul. Benar saja kakek menyerah di hadapan air mataku. Tahu begini sejak dulu aku nangis merengek-rengek. 

"Dan tusuk konde itu, miliki ibumu. Ibumu adalah penari yang menjadi primadona di kampung kita ini. Dia baik dan selalu menebarkan kebahagiaan. Sifatnya, tutur katanya lembut. Sangat mirip denganmu", imbuh kakekku.

Lho kok? Ibuku penari? Kata Kyai Mojo ibuku seorang muslim yang taat. Kenapa jadi begini? Apa mungkin ibuku mengenal islam lantaran ayahku? Aku menyimpan kalimat ini di dalam hati. Sambil menunggu penjelasan lanjutan dari kakek. Siapa tau, beliau akan memberitahu ku lagi. 

"Ahh ibuku cantik sekali... jadi, aku adalah Suryati Putri Rukmini Binti Djati Sasongko Adji", kataku memotong cerita kakek.

"Iya, benar...", kalimat yang keluar dari kakek sambil mengelus kepalaku.

"Ibumu cantik. Banyak sekali orang yang ingin mendapatkannya. Dia adalah gadis desa. Bukan hanya penduduk sini, kecantikannya tersohor sampai kabupaten. Pernah salah satu anak Bupati ingin menikahinya. Tetapi dia menolak. Malah dia lebih tertarik dengan seorang laki-laki tidak tahu diri itu ", penjelasan kakek mulai nyambung dengan penjelasan kyai Mojo. Benar, kakekku tidak merestui hubungan mereka. 

Aku masih diam, dan menunggu ceritan lanjutan Kakek.

"Laki-laki asing itu berasal dari daerah selatan. Dia mengaku sebagai anggota pelarian dari perang Jawa. Termasuk laskarnya Pangeran Diponegoro. Wajahnya bukan wajah Jawa. Jelas guratan tampang Arabnya. Apa kamu nggak sadar, wajahmu itu bukan wajah gadis Jawa? Hanya matamu yang benar-benar mirip ibumu". Setelah aku mendengar penjelasan itu secara refleks melihat kaca. Ah, benar juga hidungku terlalu mancung jika dibandingkan hidung ibu di foto.

"Aku tolong dia untuk bersembunyi, kubiarkan dia menginap disini. Eh, malah menjalani hubungan dengan Rukmini di belakang ku. Dia baik sebenarnya, tetapi tidak memenuhi kriteria sebagai menantuku. Dia itu sejenis si Mojo. Tidak mengenal sesajen, kembang, dan menyan. Hanya bedanya, dia menentang secara diam-diam dan perlahan. Makanya aku bisa tertipu olehnya. Dia mengambil Rukmini ku dari adat kebiasaan gadis Jawa. Rumkini tidak mau lagi menjalankan ritual bersamaku. Persis sekali denganmu. Rukmini juga...anak keras kepala. Tidak tahu diuntung". Cerita kakek dengan intonasi yang cukup beragam. Ada marah, sedih, kecewa.

"Siapa nama ayahku, Mbah?" Tanyaku tidak sabar.

"Namanya, Ahmad Ali Syakieb, dia mengaku sebagai pasukan Diponegoro. Dia adalah suruhan Usmani, begitu ngakunya. Aku menghargainya karena membawa na besar keturunan keraton. Kalau bukan, mana Sudi aku." Jawab kakek.

"Kalau tentang mereka akhirnya meninggalkan aku?", Ini adalah part penting yang tidak boleh dilewatkan.

"Bapak ibumu sering ritual di kali. Mereka melakukan ritual di dalam air. Hingga kemudian Ratu Pantai Selatan marah mengirim banjir bandang. Jasad Meraka mungkin sudah sampai istana Ratu Kidul. Kamu selamat, dan terdampar di ujung pohon besar dekat kali. Tempat kamu dulu menaruh sesaji." Jawab kakek.

Apa? Ratu pantai selatan? Ini sangat tidak masuk akal dan tidak mungkin sekali. Kenapa aku malah merasa kedua orang tuaku masih hidup, ya. Kuambil tusuk konde milik ibuku. Eh, ternyata bisa diputar. Ada isi di dalamnya.



0 comments:

Posting Komentar

Banyak Dilihat

Pengikut

Pengunjung

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Labels

inspirasi tania. Diberdayakan oleh Blogger.